Pages

Labels

Jumat, 30 Desember 2011

Tambang Rakyat

ini adalah hasil dokumentasi di salah satu tambang di lokasi Bombana di Sulawesi tenggara.

peralatan pengolah emas biasa di sebut tromol atau gelondong. dengan prinsip kerja dari silinder baja yang di putar dengan sistem mekanis memakai belt. didalamnya terdapat bola baja serta saluran /selang untuk tempat pengisian medium pengikat emas (air raksa/mercury). pengolahan seperti itu biasa di sebut amalgamasi.




Amalgamasi adalah proses penyelaputan partikel emas oleh air raksa dan membentuk amalgam (Au – Hg). Amalgam masih merupakan proses ekstraksi emas yang paling sederhana dan murah, akan tetapi proses efektif untuk bijih emas yang berkadar tinggi dan mempunyai ukuran butir kasar (> 74 mikron) dan dalam membentuk emas murni yang bebas (free native gold). Proses amalgamasi merupakan proses kimia fisika, apabila amalgamnya dipanaskan, maka akan terurai menjadi elemen-elemen yaitu air raksa dan bullion emas. Amalgam dapat terurai dengan pemanasan di dalam sebuah retort, air raksanya akan menguap dan dapat diperoleh kembali dari kondensasi uap air raksa tersebut. Sementara Au-Ag tetap tertinggal di dalam retort sebagai logam.

selain itu dalam tambang rakyat biasanya menggunakan metode konvensional dalam menambang. dalam hal ini tingkat keselamatan sanagat minim. pembuatan test pit dilakukan manual dengan pahat dan palu sampai kedalaman yang tdk terkontrol(minim pengetahuan akan ganesa mineral) dan untuk sistem pernapasan menggunakan plastik silinder panjang dimana udara di pompa melalui kompresor yg ada di permukaan. untuk sistem transportasi perkakas di atas test pit di buat sebuah katrol yg biasanya berbahan alami (rotan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar